Rabu, 03 September 2014

USM STAN 2014 part 1

Allhamdulillah...Alhamdulillah.. segala puji hanya untuk Allah...Allahuakbar
tak ada kata yang pantas aku ucapkan selain memujaNYA,karena DIA sebabNYA aku diizinkan untuk bisa kuliah di kampus impian aku dan mungkin impian beberapa orang.Allhamdulillah Allahuakbar!!!

Disini aku mau cerita sedikit perjalanan/perjuangan aku menghadapi kilu-kilu USM STAN(ciyeelah). aku mau cerita dari pengumuman SNMPTN karena mungkin kegagalanku di SNMPTN menjadi cambuk yang cukup berat buat aku.
mulai ya
.
.
.
bismillah
Tepatnya kalau tidak salah pada tanggal 27 Mei 2014 itu adalah hari dimana SNMPTN diumumkan. SNMPTN pada tahun ini adalah salah satu cara untuk bisa duduk di Peguruan Tinggi Negeri dengan cara jalur rapot. Aku sebagai murid kelas 12 pada saat itu sangat antusias mengikuti SNMPTN tentu dengan harapan 'akan' diteriman di PTN tujuanku. pada saat itu aku memilih IPB statistika&matematika serta UNJ pendidikan matematika...

Lalu singkat cerita,pada malam sebelum pengumuman SNMPTN aku benar-benar gak galau atau deg-degan sama sekali karena memang aku lagi diluar makan sama keluarga. setelah pulang sampai rumah aku lihat "recent updates" yang rata-rata adalah keluhan dan iringan doa yang ditulis teman-temanku. Seketika aku terbawa arus galau dan deg-degan "sial kenapa gue eg-degan"

Ohiya kebetulan salah satu tetangga aku saudaranya adalah salah satu panitia SNMPTN di IPB,jadi ummi meminta tolong dilihatkan apa ada namaku atau tidak. lalu tetanggaku menelpon kalau nama dan nomor SNMPTN aku tidak ada di IPB. *petir* *tsunami* hati aku langsung di samper gledek jedooooooooOOOORRRRrrRrr. ya.. bener..bener banget! aku nangis bener-bener nangis.

skip,gue galau karena gue gak keterima SNMPTN dan gue sama sekali gak mempersiapkan SBMPTN(salah satu cara masuk PTN lewat jalur tulis),ditambah gue gak les sama sekali,buku SBMPTN pun baru dibeli dan masih bersih anget(kecuali TPA) gue kerjanya ngerjain TPA aja karena cuma itu yang gue bisa...oooh malang

lanjut...lanjut.. kakak gue yang kebetulan juga udah kuliah di STAN dia nelpon nyokap kalau USM STAN tahun 2014 resmi dibuka. oke mata gue tergenang saat denger itu(ini serius) karena waktu kakak gue ikut USM STAN 2013 gue juga sedikit ikut2 ngerjain soal dia,ikut2 search info STAN sana-sini dan gue juga memiliki serpihan harapan untuk masuk STAN pada tahun 2013 memang.

lalu karena gue seneng banget USM STAN 2014 dibuka,gue tanpa pikir panjang belajar bahas buku kakak gue tahun lalu.
gue belajar hanya TPA terus TPA ajaaaaa tanpa mikirin TBI(eh mikirin sih galaunya). Karena memang gue kurang bisa grammar makanya gue lebih fokus ke TPA terlebih dahulu,padahal gue tau kalau TBI dan TPA itu sama-sama tidak bisa di abaikan begitu saja,bahaya hukumnya!

setelah agak yakin sama kemampuan TPA,akhirnya gue coba ngerjain TBI(test bahasa inggris). "Allahuakbar ini soal apa............?" "Subhanallaaaaaah....ini bahasa apa?"
lalu gue minta ajarin bokap untuk bantuin belajar Bahasa Inggris.
dan pertama kali belajar itu malem-malem dan gue langsung nangis belajarnya
because why???
because bokap bilang kalau kemampuan bahasa inggris aku tuh parah banget,panjang banget bokap ngomong ini itu. dan dada gue nyesek banget dan mulai muncul rasa-rasa pesimis

tapi gue tetep belajar,kebetulan gue punya buku grammar lengkap abis yang sempat bokap beliin waktu kelas 1 SMA. setiap hari gue baca buku itu terus latihan soal,satu persatu latihan lagi latihan dan gue buat tryout sendiri dikamar..mojok...jomblo...emang
dan hasil dari Tryout gue TPAnya allhamdulillah melebihi nilai mati,lalu untuk TBI gue kadang jauh dari nilai mati,kadang pas-pasan,kadang kurang satu,kadang melebihi banget gitu deh..
gue juga download banyak soal tryou-tryout stan terus gue kerjain pakai waktu tentunya.

gue sempat nangis sendirian karena nilai TBI gue miris banget. tapi gue bener-bener niatnya luar biasa memang,setiap hari terus latihan...latihan dan sempat gue ikut TRY OUT offline didaerah jaksel,dan ikut TRYOUT ONLINE kira-kira 3 kali dan hasilnya....aku ndak lolos karena nilai TBI kurang dari nilai mati,oh..poor
gue nangis bener-bener nangis. Dan gue memang sering BBM kakak gue,kira-kira begini BBM gue
"kak tadi gue ikut TO TBI gue bener 19"
"kak TBI gue tadi 24 bener looooh"
"kak kok TBI susah banget:("
"kak hafidz gila TBI gue 20 kira-kira bisa lolos gak ya?"
"ka TBI gue tadi TO cuma 15"
"kak TPA gue bener 70 hebat gak sih itu?"
dll
terus kakak gue biasanya bales

"tingkatin TBI lo"
"masa cuma segitu,lo mau kuliah gak?"
"belum tentu tahun depan STAN buka USM dek"
"ah itu ma nanti lo kalah sama yang lain"
dll

kakak gue selalu bilang negatif,tapi malah itu yang membuat gue tercambuk banget.
gue mikir "kalau tahun 2015 stan ga buka,terus gue mau coba 2016?emang umur gue mencukupi? gak gue mau kuliah ya allah.."
And FYI,gue bener-bener fokus untuk USM STAN bukan untuk SBMPTN karena hati gue memang tergerak buat belajar USM stan bukan SBMPTN mungkin karena soal SBMPTN tidak berperi kemanusiaan

lalu singkat ceritaaa....
hari dimana USM STAN pun tiba,gue dapat di GBK sektor 5 atas.
satu kata saat gue nyampai GBK
"oh ini ya GBK?"
"kira-kira kemarin irfan bachdim pernah lewat sini gak ya?"
"Oh banyak banget gila peserta USM"
"mana banyak yang ganteng haha"

gue nyampe di tempat duduk gue dan gue deg-degan karena gue terlalu norak gak pernah ke GBK gue seakan-akan mau jatuh ke lapangan terus jadi perhatian orang #caper #tigkat #dewa
sumpah gue selama belum dapat soal gue cuma inget kata nyokap untuk baca "hasbunallah wani'malwakiil" gue komat-kamit sambil deg-degan

sampailah soal yang selama ini ditunggu-tunggu...
soalnya benar-benar lebih susah dari pada tahun sebelumnya,sumpah. yang biasanya ngerjain TPA gue bisa tapi pada saat itu.......gue bener-bener pengen nangis sumpah serius gue keringat dingin. tapi gue berusaha gak mau panik,because kalau panik gue gagal GAK RAHMAH GAK MAU GAGAL. lanjut teruuuuuus dan tiba saatnya soal TBI boleh dikerjakan,dan subhanallah soal TBInya adalah soal yang selama ini lumayan aku pahami jadi aku lebih santai ngerjainnya dibandingkan TPA (kebalik kondisinya dengan selama ini latihan)

Ohya pada waktu USM STAN itu bertepatan pada hari pertama puasa jadi agak haus juga sih..

sampai rumah,nyokap nanya ini itu dan gue cuma bisa bilang "mi soalnya susah banget dede mau nangis.gimana nih mi?gimana?"sambil nangis mewek
kak hafidzpun nelpon nanya gimana USM STAN hari itu
"kak soalnya beda banget sih sama soal2 jaman dulu,sama jaman lo juga"
lalu kakak gue bilang
"ah lo ngeles aja!makanya belajar"
nye-sek
nyes
gue dalam hati cuma bisa berkata "andai lo disini kak"hahaha atseeekkk!

terus kegalauan gue sebelum USM dan setelah USM gue tuangkan di blog

1) kegalauan sehari sebelum USM STAN "aku berserah"
2) kegalauan setelah melaksanakan USM "aku berserah-2"

bersambung....


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 

"coretan-rahmah" Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template